Liputan - 200 Tahun Gereja Katolik di Jakarta
 

Acara Puncak di PRJ dan Istora Senayan

Tahun ini, tepatnya pada tanggal 8 Mei 2007, kita merayakan dan mensyukuri bersama 200 tahun penuh rahmat Gereja Katolik di Jakarta. Misa syukur diadakan serentak di berbagai paroki di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Namun selain itu, ada juga perayaan syukur tingkat dekenat dan keuskupan! Ini dia laporan BOSCONIAN.

Perayaan Syukur Tingkat Dekenat

Perayaan ini diadakan pada hari Sabtu, 28 April 2007 di PRJ Hall B. Dekenat Utara adalah dekenat pertama yang merayakan perayaan syukur (di antara 8 dekenat yang ada di KAJ). Menurut laporan panitia, umat yang hadir (termasuk panitia dan pengisi acara sendiri) berjumlah 4500 orang. Mereka berasal dari 6 paroki: Paroki St. Fransiskus Xaverius, Salib Suci, Santo Yakobus, Santo Lukas, Santo Alfonsus, dan Santo Yohanes Bosco.

Dengan jumlah sebanyak itu, PRJ Hall B benar-benar meriah. Umat terlihat mengunjungi aneka stan bazaar, permainan gratis dan profil paroki. Mereka juga terlibat langsung dalam permainan angklung massal, yang dikomandoi master angklung Bapak Djoko (dari Bandung).

Puncak perayaan syukur tingkat dekenat adalah misa syukur konselebrasi, dengan konselebran utama Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmaja, SJ. Beliau didampingi oleh pastor-pastor Dekenat Utara lainnya (6 paroki).
Sesudah misa, ada acara dialog antara Bapak Uskup dengan beberapa wakil umat di Dekenat Utara. Temanya adalah, “Perayaan 200 Tahun KAJ, Peduli Lingkungan/Sampah”. Wakil dari Paroki kita adalah Teresa Sandra Suryanata. Sementara itu, ibu Dr. Kelly Widyastuti juga mewakili Paroki kita, sebagai salah satu penggagas naskah dialog.

Oh ya, ada pula acara hiburan yang dipersembahkan oleh wakil-wakil dari 6 paroki di Dekenat Utara – mulai dari anak-anak, mudika, orang dewasa sampai lansia. Untuk diketahui, hampir semua latihan pentas diadakan di paroki kita karena letaknya yang strategis (di tengah) dan wilayahnya yang luas (satu pertunjukan biasanya dipersembahkan oleh 60 orang).
Paroki kita menampilkan Bosconian Mini Orchestra and Youth Choir. Sangat disayangkan, kualitas microphone di sana kurang memadai. Akibatnya, suara Youth Choir tidak terlalu terdengar. Suara orkestra sendiri cukup baik.

Menariknya, ada special performance dari delapan pastor Dekenat Utara. Tanpa latihan, mereka menyumbang nyanyian acapella. Hadir pula bintang tamu artis, seperti Lisa A.Riyanto, Kia “AFI” , Delon “Idol” dan Stef (Sathora Idol) dari paroki kita.

Perayaan Agung Tingkat Keuskupan

Perayaan agung ini diadakan di Istora Senayan, tepatnya hari Sabtu, 26 Mei 2007. Hadir dalam perayaan ini Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, beserta Ibu Negara, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

BOSCONIAN juga melihat Fauzi Bowo (waktu itu masih calon Gubernur DKI Jakarta), Duta Besar Vatikan, Uskup dari 37 Keuskupan di seluruh Indonesia, Uskup dari negara tetangga (Singapura, Malaysia/Kuala Lumpur, Brunei Darussalam), serta wakil-wakil biara dan komunitas dari 60 paroki di KAJ.

Paroki Santo Yohanes Bosco datang dengan diwakili oleh 60 orang umat, termasuk BOSCONIAN. Kalau mau dihitung-hitung, umat Katolik yang berkumpul di Istora Senayan pada hari itu mencapai 10.000 orang. Jumlah yang sangat kecil, mengingat umat Katolik di seluruh Indonesia berjumlah 6 juta orang!
Sama seperti perayaan tingkat dekenat, puncak perayaan adalah misa syukur konselebrasi, dengan konselebran utama Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja, SJ. Misa syukur ini juga sekaligus misa Hari Raya Pentakosta.

Pesan dari Bapak Uskup adalah, umat Katolik diminta melihat dan memperlakukan setiap manusia sebagai makhluk yang diciptakan Allah sesuai dengan citra-Nya sendiri. Selanjutnya, Gereja dan umat Katolik harus menjadi kekuatan moral masyarakat, dan berusaha mencegah merebaknya dosa dan kejahatan dengan pelayanan kasih.

Presiden sendiri, mengucapkan selamat, dan berharap dengan peristiwa ini Gereja Katolik sebagai bagian utuh rakyat Indonesia dapat meningkatkan ibadahnya, juga meningkatkan karya dan pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta.

Acara ditutup dengan berbagai hiburan, dan pentas seni “Sabda yang Menjadi Kehidupan”.

[SAN]

 
 
       

   

Jl. Taman Sunter Indah Blok A3 / 13-21
Sunter Jaya Jakarta 14350
t. 021.6530.0109 f. 021..6530.0112
info@st-yohanesbosco.org
webmaster@st-yohanesbosco.org