RENUNGAN MINGGUAN
Renungan Mingguan | Bacaan Harian
 
Marilah Ke Surga... Sekarang Juga
 
Selamat Paskah! Semoga semangat dan rahmat Kebangkitan Kristus senantiasa menjiwai setiap keluarga dan komunitas kita! Bagi saudara yang baru pertama kali membuka dan membaca website-renungan ini, nama saya Pastor Noel. Saya sudah hampir 10 tahun menjadi Pastor di Gereja St Yohanes Bosco ini – dan suatu kebahagiaan besar dapat mengucapkan dan membagikan Berkat Paskah kepada kalian semua.

Sebagai Pastor (yang berarti “gembala” di dalam bahasa Latin), Tuhan telah memberikan tanggung-jawab besar kepada saya: untuk keselamatan tiap umat dari komunitas Paroki ini. Ada ceritera tentang seorang pastor yang karena sangat semangatnya untuk melaksanakan tanggung-jawab itu, dia juga mencari domba-dombanya di cafe dan tempat-tempat malam. (Bukan saya ya, he he he!) Pada suatu saat dia berkunjung ke sebuah nightclub dan bertemu dengan tiga bapak dari parokinya. Dia bertanya kepada yang pertama, “Apakah kamu mau pergi ke surga?” Bapak ini menjawab ya, dia mau. Si pastor berkata, “Jadi berdiri disana dan menghadap ke tembok.” Kemudian dia bertanya kepada yang kedua kalau dia mau ke surga. Bapak itu menjawab ya, dan si pastor menyuruh dia berdiri dan menghadap ke tembok seperti yang pertama. Ia bertanya kepada yang ketiga, “Nah kamu, apakah kamu mau pergi ke surga?” Bapak yang ketiga itu menjawab, “Tidak!” Si pastor kaget dan bertanya, “Haah! Kalau kamu mati nanti, kamu tidak mau ke surga?” Bapak menjawab, “Oh iya mau donk, nanti kalau saya mati. Abis saya pikir Pastor sedang membentuk kelompok orang-orang yang akan dibawa sekarang juga!”

Pada kesempatan ini, Hari Raya Kebangkitan Kristus tahun 2009, saya mau memberitahu bahwa saya ingin membawa kelompok ke surga – sekarang juga. Dan saya ingin kamu termasuk kelompok itu! Sesungguhnya hidup kekal itu mulai dari sekarang. Hari ini seluruh dunia Kristiani merayakan Kebangkitan Kristus... dari kubur. Yesus mengatakan bahwa kebangkitan badan kita itu bukan sesuatu yang akan terjadi nanti di masa depan yang masih agak lama! Tidak. Yesus berkata, Akulah Kebangkitan dan Hidup. Kemudian Ia menyatakan, Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada Bapa tanpa melalui Aku.

Dengan hubungan yang erat dan pribadi dengan Yesus melalui Sakramen dan Doa, kita sebenarnya sudah mulai berpartisipasi dalam Kebangkitan-Nya. Maka nasehat St Paulus, “Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.” Berarti kita juga telah dibangkitkan bersama dengan Kristus! Tapi menyedihkan sekali bahwa, di Hari Kebangkitan pun, banyak orang merasa tetap masih ada di dalam kubur. Ada yang putus-asa. Apalagi pada tahun ini, dengan segala krisis ekonomi, baik internasional maupun nasional. Belum lagi kecelakaan dan bencana alam yang menimpa banyak orang. Kalau kita menambah juga persoalan keluarga serta masalah-masalah pribadi, cukup untuk membuat kita sungguh jatuh!

Saudaraku, Yesus Kristus telah bangkit! Melalui Doa dan Sakramen, Dia sangat menginginkan kamu untuk memperoleh Hidup-Nya itu dan bangkit bersama Dia... sekarang juga! Jangan tetap di dalam kubur. Jangan tetap tenggelam dalam lumpur masalah dan kegagalan. Bukanlah itu yang rencana Tuhan untuk kamu. Dia ada rencana dan tujuan yang sempurna untuk kamu. Kalau tidak, untuk apa Tuhan repot dengan melalui seluruh peristiwa Pekan Suci ini?

Karena Kebangkitan Kristus maka hidup kekal itu sungguh mulai sekarang... kita sudah bisa langsung berangkat menuju ke Surga. Mau ikut? (P.Noel,SDB)

 
Download:
Edisi 2003 (825 KB)
Edisi 2004 (796 KB)
Edisi 2005-2006 (355 KB)
Edisi 2007-2008 (639 KB)
 
       
   

Jl. Taman Sunter Indah Blok A3 / 13-21
Sunter Jaya Jakarta 14350
t. 021.6530.0109 f. 021..6530.0112
info@st-yohanesbosco.org