YOHANES BOSCO

Pendiri kongregasi Salesian Don Bosco
Tanggal Pesta: 31 Januari.

Yohanes Bosco lahir di Becchi Castlenuovo (sekarang namanya Colle Don Bosco) pada tanggal 16 Agustus 1815. Yohanes dididik dengan iman dan hidup dalam lingkungan kristiani di bawah bimbingan ibunya.
Ia baru berusia sembilan tahun ketika ia bermimpi tentang dedikasinya mendidik kaum muda yang miskin dan terlantar.
Ketika masih muda, ia sudah mulai memperkenalkan permainan kepada teman-temannya dengan diselingi berdoa dan pendidikan agama.
Ketika ia ditahbiskan sebagai imam tanggal 5 Juni 1841 di Gereja St Maria Immaculata, ia memilih program hidupnya “Da mihi animas cetera tolle" (berikan aku jiwa-jiwa dan ambillah yang lain). Don Bosco mulai kerasulannya diantara kaum muda yang miskin tanggal 8 Desember 1841 ketika bertemu dengan Bartolomeus Garelli di ruang sakristi Gereja St. Fransiskus dari Asisi sebelum mempersembahkan misa.

Bersama dengan ibunya, Mama Margareta, ia menerapkan sistem pencegahan (preventive system) dalam pendidikan kepada murid-muridnya, yakni akal budi, agama dan cinta kasih. Dominic Savio dan Michael Rua adalah buah dari sistem pencegahan ini.

Dalam berkarya, ! Don Bosco membentuk kongregasi Salesian yang berasal dari nama pelindung kongregasinya, yaitu St. Fransiskus dari Sales.

Bersama dengan Maria Domenica Mazzarello pada tanggal 5 Agustus 1872 ia mendirikan Institute Putri-putri Maria Penolong Umat Kristiani (Salesian Sisters) untuk menolong putri-putri yang miskin dan terlantar.

Meskipun hidupnya miskin, Don Bosco bisa mengumpulkan dana untuk membangun beberapa gereja. Diantaranya yang terkenal adalah Gereja St. Fransiskus dari Sales dan Gereja Maria Penolong Umat Kristiani di Turin. Ia juga diminta oleh Paus ! Leo XIII tahun 1880 untuk membangun Gereja Hati Kudus Yesus di Roma.

Dalam peringatan 100 tahun meninggalnya Don Bosco tanggal 31 Januari 1888, Paus Yohanes Paulus II memberi gelar kepada Don Bosco sebagai “Bapak dan Guru Kaum Muda”

  Paroki

Susteran Salesian FMA &
Aula Paroki


Putra Altar &
Savio's Friends Club


Putri Sakristi

Perpustakaan

Toko Buku


Ruang Rapat

Wilayah dan Lingkungan
  St. Servasius
  St. Fransiskus Xaverius
  St. Christophorus
  St. Hieronimus
  St. Anna
  St. Yoakim
  St. Maria
  Regina Pacis
       
   

Jl. Taman Sunter Indah Blok A3 / 13-21
Sunter Jaya Jakarta 14350
t. 021.6530.0109 f. 021..6530.0112
info@st-yohanesbosco.org